IMTV JAKARTA

Penjelasan Tentang Gendre Musik

Home // Penjelasan Tentang Gendre Musik

Bagikan Artikel :

Apa Itu Gendre Musik

Genre musik adalah penggolongan musik berdasarkan kemiripan atau kesamaan ciri-ciri tertentu, seperti irama, harmoni, melodi, instrumen, tema, gaya, atau konteks. Genre musik dapat berasal dari berbagai faktor, seperti sejarah, budaya, geografi, atau pengaruh sosial. Genre musik dapat saling berkaitan, bercabang, atau berubah seiring dengan perkembangan zaman dan selera masyarakat.

Ada banyak sekali genre musik yang ada di dunia, namun secara umum dapat dibagi menjadi tiga kategori besar, yaitu:

1. Musik klasik:

Musik yang berkembang sejak abad ke-11 hingga sekarang, yang memiliki ciri khas penggunaan notasi musik, komposisi yang kompleks, dan instrumen orkestra. Musik klasik biasanya terbagi menjadi beberapa periode, seperti Barok, Klasik, Romantik, Impresionis, Modern, dan Kontemporer. Beberapa contoh musisi dan karya musik klasik yang terkenal adalah Ludwig van Beethoven (Symphony No. 5), Wolfgang Amadeus Mozart (Eine kleine Nachtmusik), Johann Sebastian Bach (Toccata and Fugue in D minor), dan Antonio Vivaldi (The Four Seasons).

2. Musik tradisional:

Musik yang berasal dari suatu daerah atau negara tertentu, yang memiliki ciri khas penggunaan instrumen lokal, bahasa, tema, dan gaya yang khas. Musik tradisional biasanya terkait dengan identitas budaya dan nasional suatu masyarakat. Beberapa contoh musik tradisional yang terkenal adalah Gamelan (Indonesia), Samba (Brasil), Flamenco (Spanyol), dan Country (Amerika Serikat).

3. Musik populer:

Musik yang berkembang sejak abad ke-20 hingga sekarang, yang memiliki ciri khas penggunaan teknologi rekaman dan elektronik, variasi instrumen dan genre, serta orientasi pasar dan industri. Musik populer biasanya terbagi menjadi banyak subkategori atau subgenre, seperti Jazz, Blues, Rock, Pop, Hip hop, Reggae, Metal, R&B, dan lain-lain. Beberapa contoh musisi dan karya musik populer yang terkenal adalah The Beatles (Hey Jude), Michael Jackson (Thriller), Queen (Bohemian Rhapsody), Bob Marley (No Woman No Cry), dan Eminem (Lose Yourself).

Untuk lebih memahami tentang genre musik dan jenis-jenisnya, berikut ini adalah penjelasan singkat tentang beberapa genre musik populer beserta contoh musisinya:

1. Jazz: Genre musik yang berasal dari Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20, yang dipengaruhi oleh musik Afrika dan Eropa. Jazz memiliki ciri khas penggunaan improvisasi, sinkopasi, poliritmia, harmoni kompleks, dan instrumen seperti saksofon,
trompet, piano, bass, dan drum. Beberapa contoh musisi jazzy yang terkenal adalah Louis Armstrong (What a Wonderful World), Miles Davis (So What), John Coltrane (My Favorite Things), dan Ella Fitzgerald (Summertime).

2. Blues: Genre musik yang berasal dari Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20,
yang dipengaruhi oleh musik Afrika-Amerika seperti spirituals,
work songs, dan field hollers.
Blues memiliki ciri khas penggunaan skala blues (minor pentatonic dengan blue notes), bentuk 12-bar blues (AAB),
tema tentang kesedihan dan penderitaan hidup, dan instrumen seperti gitar akustik atau elektrik, harmonika,
dan piano. Beberapa contoh musisi blues yang terkenal adalah Robert Johnson (Cross Road Blues), B.B. King (The Thrill Is Gone),
Muddy Waters (Hoochie Coochie Man),
dan Etta James (At Last).

3. Rock: Genre musik yang berasal dari Amerika Serikat dan Inggris pada pertengahan abad ke-20,
yang dipengaruhi oleh genre-genre seperti blues, country, folk,
dan R&B.
Rock memiliki ciri khas penggunaan gitar elektrik sebagai instrumen utama,
distorsi, backbeat, vokal kuat,
dan tema tentang pemberontakan dan kebebasan.
Rock juga memiliki banyak subgenre,
seperti rock and roll, hard rock, punk rock, heavy metal, alternative rock,
dan lain-lain.
Beberapa contoh musisi rock yang terkenal adalah Elvis Presley (Jailhouse Rock),
The Rolling Stones (Satisfaction),
Led Zeppelin (Stairway to Heaven),
The Ramones (Blitzkrieg Bop),
Metallica (Enter Sandman),
Nirvana (Smells Like Teen Spirit),
dan U2 (With or Without You).

4. Pop: Genre musik yang berasal dari Amerika Serikat dan Inggris pada pertengahan abad ke-20, yang dipengaruhi oleh genre-genre seperti rock, R&B, dan folk. Pop memiliki ciri khas penggunaan melodi yang mudah diingat, lirik yang sederhana, struktur lagu yang standar (verse-chorus-bridge), dan produksi yang canggih dan komersial. Pop juga memiliki banyak subgenre, seperti dance-pop, synth-pop, teen pop, pop rock, dan lain-lain. Beberapa contoh musisi pop yang terkenal adalah The Beatles (I Want to Hold Your Hand), Madonna (Like a Virgin), Michael Jackson (Billie Jean), Britney Spears (Baby One More Time), Lady Gaga (Poker Face), dan Taylor Swift (Shake It Off).

5. Hip hop: Genre musik yang berasal dari Amerika Serikat pada akhir abad ke-20, yang dipengaruhi oleh genre-genre seperti funk, soul, disco, dan reggae. Hip hop memiliki ciri khas penggunaan rap sebagai vokal utama, DJing sebagai teknik pencampuran dan manipulasi suara, breakbeat sebagai irama dasar, sampling sebagai teknik mengambil potongan suara dari rekaman lain, dan graffiti sebagai seni visual. Hip hop juga memiliki banyak subgenre, seperti gangsta rap, conscious rap, trap, grime, dan lain-lain. Beberapa contoh musisi hip hop yang terkenal adalah Grandmaster Flash and the Furious Five (The Message), Run-D.M.C. (Walk This Way), Tupac Shakur (Changes), Notorious B.I.G. (Juicy), Jay-Z (Empire State of Mind), Kanye West (Stronger), Drake (God’s Plan), dan Kendrick Lamar (Humble).

6. Genre reggae adalah jenis musik yang berasal dari Jamaika pada akhir tahun 1960-an. Musik ini terkenal dengan irama yang tenang dan santai, serta penggunaan instrumen seperti gitar bas, drum, dan alat musik perkusi. Reggae juga dikenal dengan lirik yang sarat makna, terutama tentang perjuangan sosial dan politik. Musik reggae telah mempengaruhi berbagai genre musik lain, seperti hip-hop dan ska. Beberapa contoh musisi dan lagu reggae yang terkenal adalah Bob Marley (No Woman No Cry), Peter Tosh (Legalize It), Jimmy Cliff (The Harder They Come), dan UB40 (Red Red Wine)

7. Genre dangdut adalah jenis musik tradisional Indonesia yang sangat dipengaruhi oleh musik India, musik Melayu, dan musik Arab. Musik dangdut sangat digemari di Indonesia karena musik dan lagu-lagunya yang merakyat, mudah dinyanyikan, dan mengandung unsur hiburan. Musik dangdut biasanya menggunakan instrumen seperti gitar, biola, suling, rebana, gendang, keyboard, dan organ tunggal. Beberapa contoh musisi dan lagu dangdut yang terkenal adalah Rhoma Irama (Begadang), Elvy Sukaesih (Gula-Gula), Mansyur S (Air Mata Perkawinan), dan Inul Daratista (Goyang Inul)

Referensi :

(1)  https://felderfans.com/pengertian-musik-reggae/.

(2) Pengertian Musik Reggae dan Ciri-Ciri Musik Reggae Lengkap. .

(3) Reggae – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/wiki/Reggae.

(4) Pengertian Musik Dangdut Beserta Ciri-Ciri dan Alat Musiknya [Lengkap …. .

(5) Mengenal Ciri-Ciri  Dangdut hingga Alat Musik yang Digunakan. .

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. 😊